Selasa, 10 November 2015

Membuat Tokoh Cerpen Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Cerpen - Menentukan tokoh merupakan salah satu faktor terpenting dalam sebuah cerita fiksi. Setiap karya fiksi otomatis terdapat tokoh di dalamnya. Terdapat dua macam jenis tokoh dalam setiap karya fiksi menurut keterlibatannya terhadap karya fiksi itu sendiri, yaitu tokoh utama (sentral) dan tokoh penunjang (periferal). Cara menentukan yang mana tokoh utama dan yang mana tokoh penunjang adalah dengan membandingkan setiap tokoh di dalam cerita. Adapun kriteria tokoh utama adalah: bertindak sebagai pusat pembicaraan dan sering diceritakan, sebagai pihak yang paling dekat kaitannya dengan tema cerita, dan lebih sering melakukan interaksi dengan tokoh lain dalam cerita.


Tiba-tiba tampak olehnya pisau belati di sisi Mansur. Darahnya berdebar-debar dan gusarnyapun timbul kembali. Tak percaya ia akan janji saudaranya tadi. Sebab itulah berkata ia: “Kakak, pisau itu baiklah Minah sembunyikan. Minah sebenarnya belum begitu percaya. Hendaklah kita awas sebelum terjadi!”
Mansur tak mengeluarkan kata sepatah juapun.

Laminah mengambil pisau belati itu dari pinggang saudaranya dan diletakannya di bawah bantal. Tokeh pada ketika itu sedang makan. Mansur dan Laminah menunggu dimuka pintu dapur.

Kita bisa menilai bahwa tokoh utamanya adalah Mansur. Kenapa? Karena Mansur merupakan inti pembicaraan di atas. Potongan cerita tersebut ada setelah terjadi perselisihan antara Mansur dengan salah satu pegawai di tempat ia bekerja. Mansur hendak memberi pelajaran kepada orang tersebut, karena ia telah berbuat macam-macam terhadap adiknya. Jadi, sangat jelas inti permasalahnnya ada pada Mansur sendiri. Ia menjadi pusat pembicaraan pada potongan cerita tersebut dan umumnya pada novel tersebut.

Source : http://www.berkonten.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar